Cara Instalasi Sistem Operasi Linux Ubuntu 12.04

Kali ini saya akan memberikan info tentang bagaimana cara instalasi sistem operasi Linux Ubuntu 12.04, mungkin dari kalian masih bingung dan bertanya bagaimanakah cara instalasinya. Di sini saya aka menjelaskannya secara detail.

Berikut langkah-langkahnya :

1.)  Pertama-tama masukkan CD/DVD instalasi Linux ubuntu, agar booting dapat berjalan melalui CD/DVD tersebut.

2.)  Lalu setting di BIOS pada first booting itu menggunakan CD/DVD.


3.)  Setelah itu akan keluar menu seperti gambar di bawah ini, jika Anda ingin mencoba Desktop Ubuntu 12.04 klik tombol Try Ubuntu, karena kita ingin menginstal langsung maka pilih/klik tombol Install Ubuntu.



Gambar (1)
4.)  Preparing to install Ubuntu, akan muncul informasi mengenai persiapan untuk menginstall Ubuntu, yaitu size harddisk untuk Ubuntu 12.04 paling sedikit berkapasitas 4,4GB, terhubung ke tegangan listrik dan kalau bisa terhubung ke internet, tapi disini saya tidak terhubung ke internet. Klik tombol Continue untuk melanjutkan.


Gambar (2)
5.)  Pada bagian ini ada dua opsi yaitu : 
- Erase Disk and Install Ubuntu
- Something else
Jika anda ingin menginstal sekaligus menghapus secara keseluruhan isi hardisk maka gunakan opsi 1.
Jika anda tidak ingin menghapus secara keseluruhan isi hardisk dan membuat partisi maka gunakan opsi 2.
Di sini kita menggunakan opsi 2, lalu klik tombol Continue.

Gambar (3)
6.)  Lalu berikutnya pada bagian ini kita pilih New Partition Table untuk membuat partisi baru.
Gambar (4)
7.)  Pada bagian ini pilih Continue.

Gambar (5)
8.)  Setelah itu klik tombol Add untuk memasukkan nilai ruang partisi pada harddisk.


Gambar (6)
9.)  Masukan nilai partisi yang ingin kita gunakan, pada bagian ini penulis memasukan nilai 4000 MB atau setara dengan 4 GB untuk di jadikan primary (partisi utama).
Pada bagian type partisi pilih Primary.
Lokasi partisi pilih Beginning.
Pilih Extended atau Ext3 /  Ext4.
Pada bagian mount point pilih /home pada menu drop down.
Lalu klik OK.


Gambar (7)
10.)  Setelah jadi format partisi Home sekarang kita akan membuat format partisi untuk tempat instalasi seperti gambar dibawah ini, lalu klik Add.


Gambar (8)
11.)  Setelah melakukan pembuatan tempat instalasi yang berupa tanda “ / ” .


Gambar (9)
12.)  Sekarang kita akan membuat swap area yang merupakan sebagai virtual memory.
Fungsi Swap pada sistem operasi Linux (baik ubuntu, BlankOn, dll) adalah untuk memberikan dukungan pada memory fisik Random Acces Memori (RAM) pada komputer kita.


Gambar (10)
13.)  Untuk membuat swap area ini klik pada bagian Free Space lalu klik Add dan ubahlah besarnya ukuran memory yang akan kita gunakan. Contoh pada gambar dibawah ini.


Gambar (11)
14.)  Jika kesulurahan pembuatan partisi sudah selesai semua sekarang saatnya kita menginstalasi, dengan cara klik bagian partisi mount point “ / ” dan klik Install Now.


Gambar (12)
15.)  Pada bagian ini kita disajikan gambar sebuah peta beberapa Negara sebagai opsi untuk memilih bagian wilayah dan Negara kita. Jika anda berada pada wilayah Jakarta maka anda tinggal meng-klik peta wilayah Jakarta pada bagian Indonesia.
Setelah selesai klik Continue.


Gambar (13)
16.)  Pada bagian ini memungkinkan anda untuk mengubah bahasa default atau bahasa interaksi pada sebuah system operasi. Setelah selesai klik Continue.


Gambar (14)
17.)  Pada bagian ini kita diwajibkan untuk mengisi identitas kita sebagai pengguna system operasi ini, contoh pada gambar dibawah ini.
Perlu anda ketahui juga pada sistem operasi Linux Ubuntu ini membutuhkan beberapa kombinasi karakter untuk membuat password contoh “12345/..” dengan delapan karakter umumnya. Setelah selesai klik Continue.



Gambar (15)
18.)  Pada bagian ini kita tunggu proses instalasinya beberapa menit dan kemungkinan juga beberapa jam tinggal tergantung kecepatan komputer atau laptop kita.


Gambar (16)
19.)  Proses Instalasi selesai.
Sekarang kita harus merestart komputer/laptop kita dengan cara klik Restart Now.

Gambar (17)
20.)  Selamat anda sudah bisa menggunakan Desktop Linux Ubuntu 12.04 , login akunnya dengan akun yang tadi sudah anda buat dan masukkan passwordnya.



Semoga ilmu ini bermanfaat bagi kita semua, mohon kalau ada yang kurang jelas bisa komentar di bawah ini.

Terima kasih
fathurrdalileo.blogspot.com